Begini Cara Menggunakan Kartu Prakerja di Skill Academy

By Nabila Ghaida Zia - April 18, 2020


Cara Menggunakan Kartu Prakerja Di Skill Academy

Kartu Prakerja sudah ditangan, lalu bagaimana cara menggunakannya? Gampang banget kalau kamu menggunakan kartu prakerja di Skill Academy. Akan dijelaskan juga cara beli kelas prakerja di Skill Academy. 

Selamat ya buat kamu yang mendapatkan kartu prakerja di gelombnag pertama ini. Langkahmu untuk meningkatkan skill jadi selangkah lebih maju. Setelah mendapat kartu prakerja maka keuntungan berikut ini yang akan kamu dapat:
1. Kamu bisa mengikuti pelatihan online gratis di skill academy. Karena biaya yang digunakan selama pelatihan online di skill academy dibayar dengan kredit yang diberikan oleh kartu prakerja.

2. Kredit yang diberikan dari kartu prakerja untuk mengikuti pelatihan sebesar Rp. 1.000.000.

3. Kalau kamu berhasil selesai mengikuti pelatihan maka kamu akan dapat insentif sebesar Rp. 600.000 yang diberikan sebanyak empat kali. Sehingga total insentif pasca pelatihan yang kamu dapat adalah Rp. 2.400.000

4. Selain mendapat insentif pasca pelatihan maka kamu bisa memperoleh insentif tambahan sebesar Rp. 150.000 dengan mengisi survei kebekerjaan.

Wow menarik bukan? Jadi dari sebuah kartu prakerja kamu menerima manfaat sejumlah Rp. 3.550.000.


Nah kalau nomor kartu prakerja sudah didapatkan maka kini saatnya untuk memulai pelatihan. Karena sekarang serba lock down, pelatihannya pun dilaksanakan secara online dengan menggandeng sejumlah mitra, salah satunya adalah skill academy.

Buat kamu yang belum kenal dengan skill academy, kenalan dulu yuk. 

Skill Academy
Homepage Skill Academy
sumber: skillacademy.com

Skill Academy ini termasuk inovasi baru dari perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara yakni Ruangguru. Aku masih ingat banget bulan launching skill academy ini yakni Bulan September 2019. Pasca launching aku langsung borong tiga kelas di skill academy. 

Skill Academy ini inovasi terbaru ruangguru untuk memberikan pelatihan secara online bagi mahasiswa, karyawan, pegawai, atau masyarakat umum yang mau meningkatkan keterampilannya. Skill academy ini hadir karena tingginya permintaan untuk membuat layanan semacam ruangguru namun dikhususkan untuk umum.

Aku menjadi orang yang bersyukur sekali atas adanya skill academy. Karena walaupun aku ada di pelosok gunung sekalipun dengan adanya internet aku bisa mengikuti kelas online  yang ada di skill academy.

Skill Academy ini awalnya berbasis website namun beberapa bulan kemudian dirilislah bentuk aplikasinya. Sekarang skill academy memiliki ratusan kelas online yang dibagi dalam beberapa kategori. Kategori kelas yang ada di skill academy adalah kategori pemasaran, pengembangan diri, bisnis dan keuangan, teknologi dan software, persiapan tes. Nah, kategori kelasnya sekarang bertambah dengan adanya kategori kelas prakerja dan webinar. Menarik sekali bukan?

Apa Keuntungan Menggunakan Kartu Prakerja di Skill Academy?

Keuntungan Belajar di Skill Academy
sumber: skillacademy.com



Aku sangat merekomendasikan kamu yang dapat kartu prakerja untuk mengambil pelatihan di skill academy. Mengapa? Ada banyak sekali keuntungan kalau kamu mengambil kelas online yang ada di skill academy. Apa saja keuntungannya? 

1. Kelas online yang ada di Skill Academy itu sangat spesifik dan aplikatif. Sehingga dengan mengikuti kelas online di skill academy kamu akan terbantu untuk mendapatkan penghasilan tambahan, mencari pekerjaan baru dan menjadi pribadi yang lebih hebat lagi karena keterampilanmu bertambah.

2. Menariknya di skill academy adalah bahwa kelasnya bukan kelas abal-abal. Kamu akan diajar oleh orang yang profesional dan kompeten dibidangnya. Bahkan co-founder Ruangguru pun menjadi salah satu pengajar yang ada di skill academy.

3. Kelasnya bisa diakses selamanya. Berbeda dengan platform kelas online lainnya yang jangka waktu aksesnya hanya satu tahun saja. 

4. Kategori kelasnya beragam dan jumlah kelasnya pun sangat banyak, tentunya dengan pemateri yang kompeten di bidangnya. Aku sudah ikut lebih dari 10 kelas di skill academy dan salah satu kelas favoritku adalah kelas yang diisi oleh Co-Founder Ruangguru dan Direktur dari Skill Academy yakni Kak Iman Usman. 

5. Setiap menyelesaikan kelas kamu akan mendapat sertifikat bertandatangan dari Direktur Skill Academy yakni Kak Iman Usman. 

6. Kamu bisa bergabung di grup bimbingan karir yang ada di facebook. Aku sudah bergabung dan grup ini aktif sekali memberikan informasi terkait CV, interview, bedah CV, info lowongan kerja, kadang juga ada give away voucher kelas di Skill Academy. Pokoknya seru! 

7. Setiap selesai kelas, kamu bisa ikut webinar yang sudah dijadwalkan pada aplikasi Skill Academy.

8. Kamu juga bisa bergabung di komunitas belajar, biasanya menggunakan telegram. Banyak pembahasan menarik juga di komunitas belajar ini. 

9. Kamu bisa dapat bonus langganan Ruangguru selama satu bulan dengan memasukkan kode tertentu, nanti akan aku kasih tahu caranya ya. 

Dulu sebelum ada perubahan terdapat cashback 10% untuk paket pelatihan combo Skill Academy . Namun, untuk cashback pelatihan prakerja sudah ditiadakan. 

Wah menarik banget kan? Jadi penasaran deh bagaimana cara menggunakan kartu prakerja di skill academy. Jangan buru-buru dulu. Untuk update terbaru, kelas prakerja di skill academy ini bisa dibeli melalui dua marketplace besar yakni Tokopedia dan Bukalapak. 

Caranya gimana? Tenang, aku kasih tahu ya tutorial cara membeli kelas skill academy prakerja di tokopedia ataupun bukalapak. Keep stay tuned!

Baca Juga : 7 Alasan Ikut Pelatihan Online Kartu Prakerja di Skill Academy


Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Prakerja di Skill Academy?

Ada perubahan ya teman-teman, sekarang untuk pembelian kelas skill academy menggunakan kartu prakerja dilakukan lewat dua marketplace yakni Tokopedia dan Bukalapak. Adapun untuk langkah-langkahnya aku jelaskan disini ya. 

Cara Membeli Kelas Prakerja Skill Academy  di Tokopedia

Pastikan, kamu sudah dinyatakan lolos mendapat kartu prakerja ya. Jangan lupa juga untuk menyalin nomor kartu prakerjamu untuk digunakan dalam setiap transaksi di platform tokopedia atau bukalapak.

Nah, berikut ini cara membeli kelas skill academy prakerja di Tokopedia

1. Buka website skillacademy.com  atau aplikasi skill academy dan buatlah akunmu.

2. Pilih kelas berlabel prakerja yang ada di website atau aplikasi skill academy sesuai kelas  yang ingin kamu ikuti. Kemudian klik beli kelas online

Pilih Kelas Berlabel Prakerja

3. Setelah kamu memilih kelas prakerja apa yang ingin diikuti maka klik metode pembayaran dengan kartu prakerja. Pilihlah mitra platform Tokopedia. 

Pilih Metode Pembayaran


4. Ketika kamu memilih pembayaran dengan platform Tokopedia maka otomatis kamu akan dialihkan ke halaman aplikasi tokopedia untuk menyelesaikan transaksi. Pastikan kamu sudah masuk dengan akun Tokopedia yang kamu miliki ya.

Pada halaman ini klik beli dan gunakan metode pembayaran kartu prakerja. Setelah itu, masukkan nomor kartu prakerja dan tunggu beberapa saat, akan ada kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone-mu yang sudah terdaftar prakerja. Masukkan kode OTP tersebut di aplikasi Tokopedia. 

Pembayaran Kelas Skill Academy di Tokopedia

5. Tanpa waktu lama maka akan muncul pemberitahuan pembayaran berhasil. Setelah pembayaran berhasil maka kamu akan mendapatkan kode voucher kelas Skill Academy melalui email. Atau kamu bisa cek di riwayat transaksi pembelian , pilih menu Top-up & Tagihan. Maka akan kamu dapati daftar transaksi kartu prakerja serta kode vouchernya. 

Dapatkan voucher kelas Skill Academy Prakerja

6. Buka kembali website atau aplikasi Skill Academy dan pilih tombol Gunakan Kode Voucher. 
Masukkan Kode Voucher Prakerja

7. Masukkan kode voucher yang sudah kamu dapatkan dari Tokopedia. Nah, apabila kamu punya kode voucher tambahan bisa klik centang punya kode voucher tambahan? Selamat buat kamu yang baca postingan ini, kamu dapat kode voucher tambahan Skill Academy yakni FECRNGPK.

Selamat! Kode Voucher Tambahan Skill Academy kamu adalah FECRNGPK. Dapatkan GRATIS berlangganan Ruangguru selama satu bulan dengan menggunakan kode ini dan  
pembelian kelas dengan nominal Rp. 250.000. Dapatkan juga bimbingan karir dari konsultan Skill Academy. 
Cara Memasukkan Kode Voucher 

8. Selamat! Kamu sudah bisa mengakses kelasnya dengan cara klik Lihat Kelas dan klik Mulai pada kelas yang telah dibeli. Selesaikan materi video pembelajaran, tes kompetensi, dan mengikuti webinar sehingga progress-nya menjadi 100%. Jika sudah 100% kamu berhak mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk syarat cairnya insentif kartu prakerja. 
Selesaikan kelasmu

Cara Membeli Kelas Prakerja Skill Academy  di Bukalapak

Selanjutnya aku ingin sharing cara membeli kelas prakerja skill academy di Bukalapak. Jangan lupa untuk menyalin nomor kartu prakerjamu ya, agar semakin mudah proses transaksinya. Yuk cuss, simak langkah-langkahnya ya.

1. Buka aplikasi atau website Skill Academy. Daftarkan akunmu dan pilihlah kelas yang berlabel prakerja dan klik Beli Kelas Online.
Pilih Kelas Berlabel Prakerja

2. Pastikan kamu memilih metode pembayaran prakerja dan pilih Bukalapak.
Pilih Metode Pembayaran dengan Bukalapak

3. Kamu akan langsung dialihkan ke halaman kelas yang ada di Bukalapak. Klik centang pada syarat dan ketentuan kemudian klik Lanjut.

Transaksi kelas di Bukalapak

4. Masukkan nomor kartu prakerja yang sudah kamu salin dari dashboard prakerja ke kolom pengisian nomor kartu prakerja. Teliti lagi informasi yang muncul, apakah sudah sesuai atau belum. Kalau sudah sesuai maka klik Bayar dengan Kartu Prakerja. 

Kamu akan diyakinkan lagi apakah hendak menggunakan saldo kartu. Klik Ya, Lanjutkan Pembayaran untuk konfirmasi pembayaran. 

Pembayaran Kartu Prakerja di Bukalapak

5. Sesaat kemudian akan ada kode OTP yang masuk ke nomor HP. Masukkan kode OTP dan klik Verifikasi
Verifikasi Kode OTP
6. Setelah berhasil melakukan pembelian dan pembayaran, buka kembali aplikasi Bukalapak lalu klik transaksi. Kamu dapat melihat kode voucher dan menyalin kode voucher. 

Salin Kode Voucher 

7. Buka kembali aplikasi atau website Skill Academy dan pilih Gunakan Kode Voucher.

Masukkan Kode Voucher 

8. Masukkan kode voucher yang sudah kamu dapatkan dari Bukalapak. Nah, apabila kamu punya kode voucher tambahan bisa klik centang punya kode voucher tambahan? Selamat buat kamu yang baca postingan ini, kamu dapat kode voucher tambahan Skill Academy yakni FECRNGPK.

Selamat! Kode Voucher Tambahan Skill Academy kamu adalah FECRNGPK. Dapatkan GRATIS berlangganan Ruangguru selama satu bulan dengan menggunakan kode ini dan pembelian kelas dengan nominal Rp. 250.000. Dapatkan juga bimbingan karir dari konsultan Skill Academy. 

Penggunaan Voucher

9. Selamat! Silahkan menikmati video materi, ujian, dan webinar biar progress-mu bisa mencapai 100% ya. Setelah progress 100% kamu bisa dapat sertifikat dan insentif bisa mulai dicairkan nih. 

Kesimpulan

Nah gampang bukan cara menggunakan kartu prakerja di skill academy? Buruan gunakan kartu prakerja yang kamu miliki di skill academy. Asah skillmu dan dapatkan cuan yang lebih banyak.

Jangan lupa gunakan kode voucher tambahan FECRNGPK. Kalau kamu masih bingung terkait cara beli kelas prakerja di skill academy, bisa hubungi konsultan Skill Academy di nomor berikut ya wa.me/6285763431679

Buat kamu yang bingung mau ambil kelas apa di skill academy dengan kartu prakerja, kamu bisa loh cari tahu kepribadianmu dan potensi bakat kamu ada dimana lewat website brain personalities. Di brain personalities nggak cuma kamu saja yang bisa tes, adik-adikmu atau keponakanmu yang masih anak-anak juga bisa ikut tes kepribadian anak.

Selamat mengembangkan diri, temukan potensimu dan asah terus ya. Selamat praktek cara beli kelas prakerja di skill academy ya. 


  • Share:

You Might Also Like

15 komentar

  1. Kenapa saya ga dapat cashback ya dr skill academy???

    BalasHapus
  2. Saya beli kelas pelatihan prakerja trus pembayarannya lewat tokopedia, saldo saya sudah terpotong TETAPI kelas pelatihannya belum bisa dipake. Bagaimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak salam kenal, apakah udah ditukarkan voucher yang dari tokopedia ke kelas yang dipilih?

      Hapus
    2. Saya juga kyak gini. Sudah ditukarkan kode vouchernya tpi vouchernya tidak dapat digunakan

      Hapus
    3. Kalau ada kendala teknis bisa langsung DM instagram skill academy ya kak. Kalau saya setelah dapat voucher dari tokopedia kemudian saya buka skill academy untuk menukarkan vouchernya. Dan saya bisa kak

      Hapus
  3. Saya penguna kartu prakerja sudah mengikuti semua pelatihan pas di webinar saya tidak bisa masuk mengikuti webinar Kemungkinan besar aplikasi zoom nya salah,sehingga progress pelatihan tidak selesai, mau tanya apakah saya bisa mengikuti ulang webinar atau beli kelas baru lg? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak salam kenal, terkait teknis kesalahan webinar bisa masuk ke link tinyurl.com/StatusWebinar ya kak

      Hapus
  4. Salam sehat min, saya sudah melakukan pembelian kelas pelatihan di Tokped pada skill academy tentang cara menghasilkan uang menjadi youtuber bersama gita slavina seharga 90rb. Di dashboard saldo sy sudah terpotong 90rb dan status pelatihan aktif, namun saya tidak menerima kode voucher dari skill academy di email saya, selain itu pada notifikasi tokopedia tidak ada tertera tulisan pembelian/ transaksi yg berhasil. kemudian sy mencoba melakukan pembelian lagi di kelas pelatihan yg judulnya sama, namun muncul tampilan bahwa sy sudah pernah melakukan pembelian. sy harus bagaimana min? sudah berkali2 saya chat dan email ke pihak skill academi namun tidak ada respon. mohon bantu sy min. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak salam kenal, apakah di pemberitahuan tidak ada? Kalau nggak, coba kakak buka akun pembeli trus klik top-up dan tagihan. Nanti akan muncul daftar transaksi kelas prakerja. Semoga membantu

      Hapus
  5. Saya pun seperti itu kak, harus bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak salam kenal, kalau ada kendala bisa hubungi konsultan skill academy di wa.me/6285763431679

      Hapus
    2. Sya juga seperti itu minn.. udh complain ke skill academy dan udh complain jga di bukalapak.. tpi tdak ada reapon.. gmna mau dpt sertifikat klo ga bisa mlakukan pelatihan sedngkan di menu kelas saya tidak ada 1 pun pelatihan yg terdaftar..

      Hapus
  6. Progres mentok di 5% webinar pukul 16:00 - 18:00 tgl 25 september 2020
    Sampe saat ini tgl 27 september progres kelas tetap di 5% 🤔🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba logout dan login lagi ya kak, kalau masih ada kendala silahkan hubungi http://wa.me/6285763431679

      Hapus