Produktifkan Swakarantinamu dengan Belajar Bahasa Arab Gratis dari Ustadz Firanda

By Nabila Ghaida Zia - April 05, 2020


Belajar Nahwu Dari Nol
Sumber: Instagram Ustadz Firanda



Bosan saat masa swakarantina? Itu tandanya kamu perlu belajar Bahasa Arab. 

 Ada hikmah besar dibalik swakarantina ini, waktu luang menjadi bertambah. Daripada gabut nggak ada kerjaan mending digunakan buat belajar. Semenjak adanya swakarantina banyak pihak-pihak lembaga pendidikan yang kasih akses kelas Online gratis. Kelas Online gratis yang tersedia apa saja? Bisa kamu cek pada postinganku sebelumnya.

Baca juga : 5 Kursus Online Gratis ini Siap Menemanimu di Rumah Saja 

Beberapa hari lalu aku scroll Instagramku dan bertemulah dengan postingan Ustadz Firanda Andirja. Bertemulah aku dengan postingan terkait live di Youtube dan Facebook tentang Belajar Bahasa Arab (Nahwu) dari Nol. Postingan itu menyebutkan bahwa kajian akan dimulai tanggal 1 April 2020. Alhamdulillahnya kajian itu adalah kajian harian. Jadi setiap hari pada pukul 15.30 WIB s.d 16.30 ada kajian Bahasa Arab bersama Ustadz Firanda.


Sedikit cerita tentang beliau. Ustadz Firanda ini pernah kuliah di Madinah dan tahukah kamu bahwa awal beliau masuk Madinah beliau tidak lancar menggunakan Bahasa Arab sehingga susah mengikuti perkuliahan. Akhirnya beliau meminta untuk turun tingkat ke Ma'had Lughoh di UIM.

Masya Allah dengan taufiq Allah, Allah memberikan kemudahan dan kecerdasan pada beliau sehingga beliau bisa mengalahkan banyak mahasiswa yang lulusan pondok. Bahkan setelah lulus gelar doktor, beliau diamanahi mengajar di Ma'had Lughoh di Universitas Islam Madinah.

Cerita itu jujur jadi motivasi buat aku. Meskipun aku bukan anak lulusan pondok, aku tetap bisa menguasai Bahasa Arab bila aku serius.

Nah Mulai 1 April 2020 kemarin, Ustadz Firanda membuka kelas Bahasa Arab Gratis. Sampai hari ini sudah ada empat kali pertemuan.

Bagaimana Cara Ikut Kelas Bahasa Arab (Nahwu ) dari Nol oleh Ustadz Firanda?



Awal aku tahu kelas bahasa arab ini hanya lewat live Facebook dan Youtube. Kemudian keesokan harinya di Instagram beliau membagikan rangkuman pdf lewat insta storie. Kemudian selang dari itu peserta diminta untuk bergabung lewat grup telegram dan Channel telegram Belajar Nahwu dari Nol. 

Cara awalnya hanya liat live Instagram kemudian diminta untuk bergabung di telegram. Fungsi telegram adalah untuk membagikan rekaman video, rangkuman materi berbentuk pdf serta tempat untuk latihan dan berdiskusi. 

Sejauh ini aku senang sekali belajar Bahasa Arab yang dijelaskan oleh Ustadz Firanda. Materinya sangat mudah dipahami. Materinya diberikan secara terstruktur. Satu materi diulangi sampai 3 kali agar bisa lebih mudah dipahami. 

Cukup meluangkan waktu satu jam setiap harinya untuk belajar Bahasa Arab ini. Aku menonton live penjelasan beliau di sela-sela baby Salman bermain dengan ayahnya. Aku menyimak penjelasan ustadz sembari mencatat. Karena pesan beliau untuk tetap mencatat agar ilmunya terikat dalam ingatan.

Karena tingginya permintaan yang ingin ikut kelas Bahasa Arab maka dibukalah batch dua. Ayo buat kalian yang ingin belajar Bahasa Arab wajib banget ikut ini. Bahasa Arab sebenarnya wajib loh kita pelajari sebagai seorang muslim agar kita paham akan syariat Allah. 

Ayok produktifkan swakarantinamu dengan belajar Bahasa Arab. Waktu menjadi bermakna dan terus menuai pahala. Semangat belajar!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar