5 Kursus Online Gratis Ini Siap Menemanimu Di Rumah Aja

By Nabila Ghaida Zia - Maret 27, 2020






Kursus Online Gratis? Siapa sih yang nggak mau? Kalau aku mau banget.

Sudah 12 hari kita dihimbau untuk di rumah saja, kerja pun dari rumah, istilah kerennya work from home. Bagi kaum rada introvert kayak aku maka himbauan di rumah saja tak terlalu masalah bagiku malah sebuah keistimewaan bagiku bisa memberdayakan diri dengan waktu yang lebih lama lagi.

Himbauan untuk di rumah saja ternyata diperpanjang oleh pemerintah. Tadinya himbauan ini berlaku sampai nanti tanggal 29 Maret 2020 namun barusan aku dapat surat edaran dari dinas pendidikan kabupaten agar himbauan di rumah saja diperpanjang samppai tanggal 13 April 2020

Sebenarnya masa cuti melahirkanku berakhir tanggal 2 April 2020 namun dengan adanya himbauan itu maka aku bisa lebih lama lagi membersamai baby Salmanku.

Pasti banyak yang mengeluh bosan selama di rumah. Nah lewat tulisan ini aku ingin kasih jalan keluar pada teman-teman semua biar gak bosan selama di rumah. Caranya adalah dengan menambah skill baru lewat kursus Online gratis. 

Ada hikmahnya juga sih dengan peristiwa pandemi seperti ini. Hikmahnya kita bisa banyak waktu untuk keluarga. Kita juga bisa punya banyak waktu lebih dengan diri kita. Bahkan menyenangkannya kita bisa terus meningkatkan skill yang kita miliki dengan belajar lewat kelas Online yang banyak tersedia diinternet.

Adanya himbauan untuk tetap di rumah saja membuat beberapa penyelenggara kursus Online menggratiskan layanannya dalam jangka waktu tertentu untuk mengatasi rasa bosan selama di rumah saja.

Nah, penasaran kan kursus Online gratis apa saja yang aku rekomendasikan? Bahkan ada kursus Online gratis bersertifikat. Penasaran kan? Jangan skip tulisan berikutnya ya.

1. Kursus Online Bersertifikat Gratis Skill Academy by Ruangguru

Sumber : Instagram Skill Academy


Ini dia kursus Online favoritku untuk meningkatkan skill.  Sebelum ada promo gratis, aku sudah mendaftar sekitar tujuh kelas di skill academy ini. Kelas Online yang ada di skill academy ini ada beberapa kategori yakni persiapan tes, pengembangan diri, teknologi & software, bisnis & keuangan, dan pemasaran. 

Menariknya di skill academy adalah tutornya berasal dari kalangan profesional semua. Jadi ilmunya daging banget. Hal menarik dari skill academy juga setiap hari ada flash sale, terus sering ada kode diskon. Kode diskonnya nggak nanggung lagi bahkan sampai diskon 55%. 

Semenjak ada himbauan di rumah saja. CEO ruangguru, Belva Devara, memutuskan untuk menggratiskan semua kelas Online di skill academy sampai dengan tanggal 31 Maret 2020. Kelas tersebut bisa diakses selama 14 hari. Agak berbeda sih sama yang berbayar. Kalau kita beli kelas Online di skill academy maka aksesnya tak terbatasi waktu. Tapi okelah, lumayan banget dikasih gratis.

Sayangnya kelas Online gratis di skill academy hanya bisa digunakan untuk satu kelas Online setiap orangnya. But it's oke. Worth it banget kok. 

Kamu bisa mendapatkan kelas gratis di skill academy dengan kode kupon KELASGRATIS. Selamat mencoba. Oh ya walaupun kelasnya gratis kamu tetap dapat sertifikatnya juga kok. Tunggu apalagi, cuma sampai tanggal 31 Maret 2020 saja loh.

2. Kursus Online Gratis Moz Academy



Kursus Online satu ini pasti sudah tidak asing buat para blogger dan penulis ya. Buat para blogger pasti paham karena setiap job untuk blogger mensyaratkan syarat tertentu sesuai dengan standar Moz. Moz ini membahas detail tentang search engine optimization (SEO).

Nah, ternyata Moz punya kursus Online juga loh, meski dalam Bahasa Inggris tapi sangat layak dicoba. Harganya pakai dolar, namun beruntung banget kita bisa akses semua kursus Online gratis. Menarik bukan? Bisa tahu sedikit cara kerja Moz membuat suatu standar SEO. 

Nah kamu bisa dapat kelas Online Moz yang tadinya harganya ratusan dolar dengan gratis. Kamu cukup memasukkan kode 'wegotthis' dan selamat kamu bisa menikmati kursus Online gratis moz academy.

3. Kursus Online Gratis IndonesiaX



Harus aku akui bahwa pelopor kursus Online gratis di Indonesia adalah IndonesiaX. Dulu aku sign up saat waktu kuliah, mungkin antara tahun 2012-2014. Kategori kelas yang ditawarkan pun banyak ragamnya seperti economic & Finance, humanities, health, social science, Business & management, environment, computer science, Engineering.

Kelas online favoritku di IndonesiaX adalah kelas yang diampu Pak Rhenald Kasali. Aku salah satu pengagum gagasan-gagasannya. Dua kali ikut program untuk jadi mentee-nya namun belum rezeki. Untung bisa belajar di IndonesiaX ini. 

Kekurangannya memang untuk sertifikat harus berbayar sekitar Rp. 400.000 untuk sertifikat per kelasnya. . Sistem ini sama kayak kursus online edX, kursus online dari universitas ternama dunia seperti Harvard University dan semisalnya.

4. Kelas Online Gratis Tempo Institute



Buat para penulis dan blogger siapa sih yang nggak tahu tempo. Tulisan yang dibuat tempo selalu berbobot dan out of the box menurutku. Nah ternyata tempo punya yang namanya tempo institute. Tempo institute ini menyediakan kelas-kelas seputar kepenulisan bagi khalayak umum.

Tempo institute ada dua jenis kelas yakni kelas temu tatap langsung dan kelas tanpa batas yang dilakukan secara daring. Biasanya kelas tatap langsung harganya lebih mahal hingga jutaan. Namun untuk untuk harga kelas tanpa batas hanya ada pada kisaran ratusan ribu.

Semenjak ada himbauan di rumah saja maka tempo juga memberikan kelas Online gratis pada beberapa kelasnya. Kelas tanpa batas yang digratiskan adalah yang tertera pada gambar berikut:

Nah tunggu apalagi buruan buat ambil kesempatan emas ini. 

5. Kursus Online Gratis Pelatihan Guru di Ruangguru



Nah, beruntung banget ini buat para guru diluar sana. Karena Ruangguru memberikan kursus Online gratis pelatihan guru lewat aplikasi ruangguru. Sayangnya ada jangka waktu untuk bisa memperoleh akses gratis pelatihan guru, yakni hanya satu bulan saja.

Modul yang disediakan adalah materi kompetensi dasar seperti dalam bidang pedagogik dan profesional. Modul dikemas dalam bentuk yang menyenangkan.

Cara mengaksesnya adalah dengan mendownload aplikasi ruangguru yang ada di play store atau app store.

Nah itulah kursus Online gratis yang bisa kamu gunakan untuk menemani hari-hari selama di rumah saja. Semoga bermanfaat. Kalau kamu punya info kursus Online gratis lainnya, sharing yuk di komentar.

Selamat mengupgrade diri di rumah saja.
Stay safe dan jangan panik!





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar