Kumparan Platform Media Berita dengan User Experience Mengagumkan, Tampilkan Berita Terkini dan Terupdate yang Kamu Banget
Adanya kumparan membuat masa pandemimu menjadi masa learning zone. Saat pandemi dan dirumah saja menjadi waktu yang tepat untuk kita mengasah keahlian kita dan menambah pengetahuan baru.
Kamu juga bisa loh nulis di website kumparan,
tulisanmu yang dipublish di kumparan bisa dibaca oleh banyak pengguna kumparan
loh. Apakah kamu tertarik?
Apa itu Kumparan?
Kumparan merupakan platform berita yang dirilis
pertama kali pada bulan Januari 2017. Kumparan didirikan dengan tujuan untuk
menjadi platform pertama di Indonesia yang menggabungkan teknologi berbasis
jurnalisme dan memungkinkan interaksi antara semua pengguna dalam satu platform
khusus.
Kumparan bisa diakses dari device manapun mulai dari layar komputer maupun layar handphone
kamu. Kerennya lagi kumparan ini menggunakan teknologi yang bernama teknologi
personalisasi algoritma yang membantu
kumparan mendistribusikan konten berita yang berkualitas pada pembaca yang
tepat dan waktu yang tepat.
Teknologi yang dipakai kumparan ini membuat kumparan
menjadi bukan media online biasa. Teknologi yang jadi andalan kumparan adalah machine learning atau mesin
pembelajaran. Teknologi machine learning memberikan otomatisasi
yang membantu meningkatkan pengalaman user experience dan juga proses produksi
berita.
Teknologi machine learning yang digunakan kumparan memanfaatkan data-data dari para pembacanya. Data-data tersebutlah yang
digunakan untuk otomatisasi. Data-data yang dikumpulkan berupa kebiasaan
pengguna membaca artikel dengan topik apa, kapan waktu membacanya, jam berapa
dan berapa lama pengguna membaca sebuah artikel. Wow keren kan?
Wujud penerapan teknologi machine
learning adalah dengan adanya personalisasi artikel. Secara otomatis
kumparan akan memunculkan informasi yang sesuai dengan preferensi pengguna.
Misal aku suka sekali baca informasi dengan kategori Mom di kumparan maka info
tentang Mom ini akan muncul di barisan paling atas halaman muka.
Otomatisasi bukan hanya bagi pengguna saja dalam
produksi berita pun diterapkan. Misalnya adanya otomatisasi pada deteksi typo
pada artikel. Selain itu juga otomatisasi ini akan memasukkan artikel sesuai
dengan kategori channel yang ada di kumparan. Misalkan aku menulis tentang
topik bisnis maka akan langsung otomatis masuk ke channel bisnis.
Oh ya teknologi
machine learning ini juga
berguna sekali buat kamu yang ingin beriklan di kumparan. Karena iklan itu bisa
langsung ditujukan pada target market yang tepat.
Menarik sekali bukan? kumparan jadi platform media berita yang
menampilkan info yang ‘kamu’ banget. Semacam cenayang, kumparan bisa tahu apa
yang kamu pengen baca. Wah patut dicoba ya biar pengetahuanmu selama pandemi
ini makin bertambah,
Tampilan Homepage Kumparan.com
Kalau kamu baru saja membuka halaman awal kumparan maka apa yang pertama kamu lihat?
Seperti biasa tentu ada menu bar dan konten ya. Nah
menariknya di kumparan ini saat pertama kali kamu membuka halaman awal kumparan
maka kamu akan disajikan dengan tampilan yang menarik.
Aku mencoba membuka kumparan di dua device yakni layar
komputer dan layar handphone. Untuk layar komputer maka hasilnya seperti
terlihat di bawah ini.
Homepage Kumparan Layar Komputer |
Bagian atas sendiri ada logo, lonceng pemberitahuan,
icon profil milikku dan tombol untuk membuat tulisan (create story). Impresi
pertama yang muncul ketika buka kumparan ini kayak buka sosial media, ada akun
milik kita dan kita juga bisa posting tulisan di kumparan.
Oh ya, terkait algoritma personalisasi itu benar-benar
bekerja banget. Berita yang aku suka baca di kumparan adalah terkait kategori
Mom. Maka iklan yang muncul saat aku membuka kumparan ya terkait produk-produk
parenting dan mom. Contohnya gambar diatas ada iklan tentang susu formula
enfagrow. Keren ya teknologinya.
Untuk tampilan mobile-nya
lebih eye catching banget, dibawah
berita headline ada kotak tombol berwarna-warni yang mengelompokkan berita
sesuai dengan kategori seperti trending, collection, kumparan derma, opini dan
cerita, video dan pusat informasi corona. Ini dia tampilan mobile-nya.
Homepage Tampilan Mobile |
Kalau untuk tahu profil kita di tampilan mobile
kumparan, kamu tinggal klik tombol tiga baris yang ada di sebelah kiri. Maka
akan muncul informasi icon akunmu. Gambarnya bisa dilihat seperti ini.
Sayangnya aku tidak menemukan tombol untuk create story seperti yang ada di
tampilan komputer.
Menu mobile kumparan |
Oke lanjut pembahasan tentang halaman awal kumparan
ya. Pada baris awal sendiri di halaman awal, kumparan menampilkan headline
utama yang didampingi dengan berita yang trending. Headline utama yang
dimunculkan pada halaman awal ini biasanya sejumlah tiga headline.
Headline Utama Kumparan |
Disamping headline utama dalam versi layar komputer
akan ada informasi tentang berita yang sedang trending. Berita yang trending
ini bisa dari beberapa kategori. Kalau di tampilan mobile berita trending ini berada di bawah headline utama .
Kalau kamu scroll halaman awal sampai bagian bawah
sendiri maka kamu akan menemukan berita dengan beberapa kategori. Apa saja
kategori itu?
Di bawah headline utama ada kategori collection yang berisikan informasi
konten ekslusif mengenai isu yang menarik. Uniknya ada gambar cover yang
lucu-lucu, ketika gambar tersebut diklik maka kamu akan diarahkan pada
sekumpulan konten mengenai isu yang sesuai dengan judul cover-nya.
Melihat kategori collection ini jadi keingat majalah.
Ilustrasinya menarik sekali. Adanya kategori collection ini membuat kamu tidak
bingung untuk membaca konten terkait isu tertentu. Tinggal klik saja gambarnya.
Scroll ke bawah lagi, setelah collection maka kamu
akan menemukan kategori berita yang ada di kumparan seperti news, entertainment,
video, mom, woman, tekno & sains, food & travel, otomotif, bola &
sport, bisnis, opini & cerita. Setiap kategori tersebut dibagi menjadi tiga
kolom, kolom paling kiri berisi headline, kolom tengah berisi berita yang
sedang trending dan kolom paling kanan berisi berita yang terbaru.
Headline Tiap Kategori |
Kategori Berita di Kumparan
Kumparan ini memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang menarik bagi
penggunanya. Pengguna diberikan kenyamanan membaca berita sesuai dengan
kategorinya. Kategori berita yang bisa dibaca pengguna ada di bagian menu
bagian atas. Apa saja kategorinya? Yuk simak kategorinya berikut ini:
Kategori Trending, berisikan berita informasi
yang sedang trending dalam minggu ini.
Kategori Video,
berisikan video terkait berita terbaru dan terupdate.
Kategori Collection, berisikan konten ekslusif terkait
isu yang menarik.
Kategori krispi, berisikan berita dengan karikatur.
Kategori opini & cerita, berisikan berita pilihan
editor kumparan.
Kategori news, berisikan berita hari ini dan terkini.
Kategori entertainment, berisikan kumpulan berita dari
dunia hiburan yang terkini.
Kategori Mom, berisikan informasi tips parenting dan
mom hari ini.
Kategori Woman, berisikan informasi tips lifestyle terkini
Kategori Tekno & Sains, berisikan berita teknologi
dan sains hari ini.
Kategori Food & Travel, berisikan konten kuliner
dan travel terkini.
Kategori Otomotif, berisikan berita terkait otomotif
hari ini terkini.
Kategori Bola & Sport, berisikan berita terkait
bola dan olahraga hari ini terkini.
Kategori Bisnis, berisikan berita tentang berita bisnis hari ini terkini.
Dari kategori yang ada, kumparan mencoba merangkul berbagai pihak dengan interest yang dimasukkan dalam beberapa kategori. Kategori yang ada menunjukkan bahwa kumparan ingin memberikan informasi yang seluas-luasnya dengan berita yang terkini dan terupdate.
Isi Informasi Berita
Ketika aku mengamati isi beritanya maka inilah hasil
analisisku.
Untuk headline berita, rata-rata headline atau judul
berita mencakup minimal 3 unsur dari 5W+1H (what, who, when, why, where, dan
how). Misalnya berita yang berjudul Anies-Riza Tinjau Puskesmas Kramat Jati,
Pastikan Faskes Siap Jika PSBB Berakhir. Dalam judul berita itu ada 3 unsur
berita yakni What, Who, dan Where. Penjabarannya sebagai berikut
What: Apa beritanya? Beritanya adalah peninjauan
puskesmas.
Who : Siapa yang melakukan peninjauan? Anies dan Riza
Where : Dimana peninjauan itu dilakukan? Puskesmas
Kramat Jati.
Oke, itu analisisku dari segi headline atau judul
beritanya. Sedangkan dari isi seluruh berita maka berita kumparan cukup
informatif dengan memenuhi unsur berita yakni 5W + 1 H. Selain itu ada
pendukung berupa kutipan langsung dari narasumber. Kutipan yang digunakan kombinasi antara emosi dan informasi.
Ketika pengguna membaca satu buah berita maka kumparan
akan memberikan berita lainnya yang
berkaitan dengan berita yang sedang dibaca. Hal itu menjadi trik yang cukup
efektif membuat pengguna betah berlama-lama untuk membaca berita di kumparan.
Ketika pengguna tak hanya membaca satu berita saja di
kumparan, maka akan meningkatkan user
experience.
Gambar yang disertakan dalam berita pun selalu
dicantumkan judul gambarnya dan darimana gambar itu berasal. Sehingga tidak
menyalahi copyright dan etika jurnalisme. Dari sini kita melihat bahwa kumparansangat menjunjung etika jurnalisme.
Dalam setiap berita, pengguna bisa memberikan
responnya terhadap berita itu baik dengan like, komentar ataupun share ke
berbagai social media yang ada.
Keunikan Kumparan Dibanding Platform Media Berita Lainnya
Ketika membahas sebuah produk barang atau jasa kurang
afdhol rasanya apabila tidak membicarakan tentang keunikan atau kelebihan yang
menjadi differensiasi sebuah produk jasa atau barang.
Sekarang ini ada banyak sekali platform media berita
yang bermunculan. Setiap platform media pasti punya ciri khas dan keunikan
masing-masing yang membuat pengguna bisa merasakannya. Lantas apa keunikankumparan dibanding platform media berita lainnya?
1. Kumparan Adalah Platform Media Berita Kolaboratif, Pengguna Bisa Juga Menulis Berita Disana
Keunikan kumparan dengan platform media berita lainnya
adalah kolaborasinya dengan pengguna kumparan. Berita dan informasi yang ada di
kumparan tidak hanya ditulis oleh penulis dari kumparan saja namun juga ditulis
oleh penggunanya juga setelah dimoderasi oleh editor kumparan.
Sehingga kita bisa lihat ketika membuka berita
kumparan, penulisnya bisa dari siapa saja. Tidak hanya akun kumparan saja
bahkan akun pribadi bisa menulis disana. Maka tak heran ada fitur create story
di halaman paling atas.
Kita bisa banget nulis di kumparan dan kalau tulisan
kita bagus bisa masuk trending atau pilihan editor. Dashboard untuk menulisnya
juga sederhana dan enak sekali untuk menulis. Layaknya menulis di blog sendiri
pokoknya.
Tulisan yang sudah ditulis maka akan dimoderasi oleh editor, kalau tulisannya tidak melanggar panduan komunitas nanti pasti di publish kok.
2. Komunitas dan Entitas Media Bisa Menambah Saluran Distribusi Kontennya di Kumparan
Kumparan sepertinya sangat mengerti prinsip kesuksesan
sekarang ini. Sukses sekarang ini bukan hanya tentang kompetisi namun juga
kolaborasi. Sehingga Kumparan membuka kesempatan bagi media online lainnya
untuk menambah saluran distribusi kontennya di kumparan.
Komunitas dan entitas media bisa membuka akun kumparan
tipe publisher. Dengan membuka akun
kumparan tipe publisher ini memungkinkan entitas media cetak atau
online untuk mengundang penulis-penulis yang sesuai untuk menjadi contributor
di akun kumparan publisher yang telah mereka buat.
Wow inovasi kolaborasi yang keren !
3. Kumparan Bisa Mempromosikan Story Pengguna
Selain bisa menulis di kumparan, seorang pengguna juga
punya kesempatan agar tulisan atau story yang ditulis dipromosikan oleh
kumparan. Tulisan yang dipromosikan oleh kumparan akan masuk tulisan pilihan
editor. Namun sebelumnya tulisan kita akan disunting terlebih dahulu.
Bagaimana caranya agar tulisan kita dipromosikan oleh
kumparan? Tentunya ada syaratnya dong. Syaratnya adalah tulisan, foto, video
atau komentar kita mengandung unsur sebagai berikut:
- -
Story
telling yang kuat
- -
Informasi
baru atau eksklusif
- -
Unsur
estetika yang baik
- -
Berpotensi
viral
- -
Mengandung
unsur emosional yang kuat
Nah, kalau tulisanmu ingin dipromosikan jangan lupakan
unsur diatas ya.
4. Kumparan Punya Fitur Riwayat Baca
Nah, fitur ini yang paling aku suka dan tidak pernah
kutemukan di platform media berita lainnya. Fitur riwayat baca ini keren
banget. Setiap artikel yang pernah kita baca akan masuk di fitur riwayat baca.
Ketika aku pengen baca artikel yang dulu-dulu maka aku
tinggal buka saja fitur riwayat baca. Keren banget deh. Aku nggak perlu repot
cari info di artikel yang pernah aku baca. Inovasi yang bagus. Kalau di Instagram
seperti fitur save, yang memungkinkan kita untuk baca lagi di suatu waktu.
5. Fitur Statistik yang Ada Membuat Layaknya Buka Blog Sendiri
Kalau kita klik icon profil maka ada menu statistik.
Menu statistik ini akan menampilkan beberapa matrik. Matrik yang ada seperti
page view, unique visitors, spent time, likes, comment and share. Matrik statistik
itu membuat kumparan layaknya blog kita sendiri.
6. Adanya Notifikasi Berita Terbaru
notifikasi |
Keunikan berikutnya adalah kumparan ini layaknya
sosial media. Sosial media seperti facebook akan memberikan notifikasi ketika
ada aktivitas baru. Kumparan juga punya notifikasi untuk setiap penggunanya
terkait berita yang baru saja di-update.
Notifikasi yang ada juga dibagi menjadi dua yakni
notifikasi konten dan aktivitas. Notifikasi konten berisi update berita terkini
sedangkan notifikasi aktivitas berisi aktivitas follow profil, like, komentar
dan share pada story yang menarik.
7. Teknologi Personalisasinya Memberikan Info yang ‘Aku’ Banget
Kumparan ini punya teknologi machine learning yang memanfaatkan data-data penggunanya. Sehingga
berita atau informasi yang disajikan akan disesuaikan dengan preferensi, minat
dan kebiasaan pembacanya.
Aku membuktikannya sendiri, ketika aku mencari
informasi di google tentang informasi MPASI, eh ketika membuka kategori Mom
maka headline pertama yang muncul tentang MPASI. Wow keren sekali. Jadi kita
tak perlu buang waktu dengan membaca info yang tidak relevan dengan
ketertarikan kita.
8. Kategori Krispi yang Memanjakan Visual Pengguna
Ketika membaca kategori krispi, keningku berkerut,
kategori apakah itu? Ternyata kategori krispi itu adalah kategori berita dengan
karikatur. Kumparan menyajikan berita bagi mereka yang tak terlalu suka dengan
banyak teks, maka disajikan dengan adanya karikatur.
Pada kategori krispi juga beritanya disajikan dengan
gaya story telling yang kuat. Story telling yang kuat ini membuat pembaca tidak
merasa bosan dan bisa menyerap dengan baik isi berita.
9. Kategori Collection Membuat Pengalaman Membaca Berita Layaknya Membaca Majalah
Kategori collection
ini jadi konten yang menarik. Pada kategori ini terdiri dari beberapa isu
menarik. Dikemas dalam bentuk cover layaknya majalah, ada ilustrasi yang
menarik dengan tulisan terkait topik tertentu. Di bawah gambar cover ada
keterangan jumlah konten yang ada didalamnya.
Aku suka sekali membuka kategori collection ini karena membawaku pada pengalaman membaca majalah. Ilustrasinya lucu-lucu sekali. Kategori ini membuat kesan untuk pengalaman pengguna menjadi naik.
Saran Perbaikan Untuk Kumparan
Tak ada yang sempurna di dunia ini. Kesempurnaan hanya
milik Tuhan. Dari berbagai keunggulan kumparan, ada beberapa sisi yang perlu
diperbaiki. Aku mencoba mencari tahu kecepatan website kumparan dengan google speed test.
Hasil kecepatan website kumparan bila diukur dengan google speed test skornya ada di angka
13 dari skor tertinggi yakni 100. Ini bisa dikatakan bahwa kecepatan website
kumparan masih kurang. Maka saran perbaikan ke depan semoga kecepatannya bisa
ditingkatkan lagi.
Kecepatan |
Kecepatan sebuah website penting karena riset dari
google menyatakan bahwa 53 % pengguna internet meninggalkan website yang
loading-nya lebih dari 3 detik. Penelitian kissmetrik menyatakan 79 %
pengunjung tidak akan mengunjungi web yang lama loadingnya.
Namun pengalaman pribadiku bila harus membandingkan
kumparan dengan platform media online lainnya maka platform kumparan termasuk
yang paling cepat karena iklannya tidak terlalu banyak. Sedangkan platform
media berita lainnya ketika baru membuka halaman awal sudah disuguhkan dengan
iklan yang memenuhi layar handphone , sehingga membuat pengguna kerepotan untuk
membaca berita di dalamnya.
Kumparan adalah start-up karya anak bangsa yang
memberikan inovasi pada dunia media online, memberikan berita yang positif,
terkini dan terupdate dan menghadirkan pengalaman pengguna yang mengagumkan.
Karena kumparan ini adalah karya anak bangsa dengan kualitas yang bagus patut
kita dukung.
Tulisan ini diikutsertakan untuk lomba blog marathon
THR Kumparan. Teman-teman juga bisa mengikuti lomba blog marathon THR Kumparan
dengan klik disini ya.
Lomba Marathon Blog Kumparan |
Sukses selalu kumparan, berikan informasi terbaru,
terupdate dan anti hoax.
#TenanguntukMenang #BerkahNulisdiRumah
1 komentar
halo kak, aku mau tanya barangkali kakak tau..aku coba submit story ku di kumparan tapi di reject krn identitas. itu maksudnya gimana ya kak? makasih kakkk
BalasHapus