Pengalamanku Daftar Kartu Prakerja, Malah Suami yang Keterima

By Nabila Ghaida Zia - Agustus 23, 2020



Kamu sudah daftar kartu prakerja belum nih? Kabarnya gelombang lima ditutup hari ini ya. 

Aku pengen cerita nih, setelah sekian purnama, cie elah lebay banget ya. Akhirnya diterima dapat kartu prakerja. Tapi suami yang dapat. Duh :D. 

Nggak papa, suami yang dapat, aku ikutan nimbrung aja hehe. Nanti juga yang milihin kelasnya juga aku. Haha. 

Nah, lewat tulisan ini aku pengen sharing nih tentang pengalaman daftar kartu prakerja. 

Apa itu Kartu Prakerja

Siapa yang baru tahu program dari pemerintah yang satu ini, kartu prakerja? 

Kalau kalian update di sosial media rasanya sih sudah tidak asing lagi ya dengan kartu prakerja. 

"Kartu prakerja kan cuma buat yang belum dapat kerja ya mba, aku pengen coba daftar tapi siapa tahu ada yang lebih membutuhkan dariku." Curhat salah seorang teman kerjaku. 

"Kartu prakerja nggak cuma buat yang belum bekerja kok dek, kita yang udah kerja juga bisa dapat kok. Kartu prakerja ini buat mereka yang ingin meningkatkan kompetensi diri." Jawabku pada teman kerjaku itu.

Nah, ternyata masih ada yang salah paham ya. Pahamnya kartu prakerja ini buat mereka yang belum bekerja. Padahal nggak loh. 

Di website prakerja-nya sendiri aja menyatakan bahwa program kartu prakerja ini adalah program pengembangan kompetensi kerja. 

Kartu prakerja ini diperuntukkan bagi masyarakat yang belum bekerja, karyawan/buruh yang kena PHK, ataupun karyawan/buruh yang ingin meningkatkan kemampuan atau kompetensi dirinya. 

Jadi, boleh banget  kalau kamu yang udah bekerja dan ingin daftar prakerja. 

Seriusan? Serius deh, orang di website-nya jelas banget dijelaskan seperti itu. 

Emang apa keuntungan kalau daftar kartu prakerja? 

Keuntungan Daftar Kartu Prakerja


Ada banyak keuntungan yang didapat kalau daftar kartu prakerja dan diterima.  Apa saja keuntungannya: 
  1. Dapat saldo sebesar Rp. 1.000.000 untuk mengikuti pelatihan di platform mitra kartu prakerja. 
  2. Dapat insentif yang ditransfer ke rekening bank atau e-wallet sebesar Rp. 600.000 setiap bulan selama empat kali. Jadi total dapat insentifnya adalah Rp. 2.400.000
  3. Dapat insentif survey prakerja sebesar Rp. 150.000
Nah, itu dia tiga keuntungan yang didapat kalau menerima kartu prakerja. Kalau ditotal keuntungan yang akan kamu dapat sebesar Rp. 3.550.000

Tertarik nggak nih? Kalau motivasiku dan suami mendaftar karena poin satunya yakni agar bisa mengikuti pelatihan. Karena kami butuh untuk meningkatkan skill digital kami. 

Alhamdulillah, kami berdua punya usaha jasa penulisan content writer, copy writer dan ghost writer. Kami haus akan ilmu untuk terus meningkatkan kualitas tulisan kami.

Alhamdulillah klien jasa kami ada beberapa yang dari startup dan ada juga yang dari luar negeri. 

Nah, kami ingin melebarkan dan membesarkan bisnis jasa penulisan konten kreatif ini, maka kami butuh juga untuk menimba ilmu baru dari para expert

Cara Daftar Kartu Prakerja

Oke pada poin ini aku akan ceritakan langsung pengalamanku mendaftar kartu prakerja dan bagaimana ceritanya malah suami yang dapat. 

Jadi sebenarnya aku sudah pengen daftar dari gelombang pertama. Tapi saat aku coba daftar itu nomor NIK dan KK selalu aja nggak valid.

Aku udah nyoba berkali-kali sampai tangan pegel. Yah, sudah deh akhirnya nyerah. Ada rumor yang nyebutin kalau yang bisa daftar kartu prakerja itu diacak NIK dan KK-nya. 

Jadi, kayake nomor NIK dan KK punyaku nggak kedaftar masuk. Haha.

Kalau kamu pengen daftar kartu prakerja yang perlu kamu siapin adalah email, no KK, dan NIK. 

Oke, cara pertama daftar kartu prakerja adalah dengan mendaftarkan diri dengan email yang dimiliki. 

Cara kedua , kalau email kamu sudah terdaftar langkah selanjutnya adalah mengisikan Nomor KTP, No Kartu Keluarga dan tanggal lahir. 

Cara ketiga, setelah nomor KTP dan KK sudah divalidasi maka kamu akan diminta untuk mengisi data selanjutnya. Dulu harus ada validasi dengan selfie menggunakan KTP. Sekarang sudah tidak perlu.

Cara keempat, mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar. Jangan khawatir, tesnya menurutku gampang deh. Ndak perlu belajar macam tes CPNS. 

Kita diberikan waktu 15 menit untuk menjawab soal yang berjumlah kurang lebih ada 18 soal. Soalnya gampang banget menurutku. Seperti baca grafik, mana yang lebih besar dan juga pertanyaan motivasi. 

Aku mengerjakan 18 soal itu hanya butuh waktu lima menit saja. Jadi ndak perlu deg-degan kayak mau ujian CPNS. Soalnya gampang, sist.

Cara kelima dan terpenting, setelah kamu udah mengikuti tes, jangan lupa loh untuk mendaftarkan diri pada gelombang yang sedang dibuka. 

Jangan sampai sudah mengisi data diri dan ikut tes motivasi dan kemampuan dasar, tapi lupa untuk mendaftar gelombang, yah nanti nggak keangkut dong. 

Setelah kegagalanku daftar kartu prakerja di gelombang pertama membuatku malas untuk mendaftar. 

Namun tiba-tiba saat pembukaan gelombang keempat, awal Agustus lalu, hati nuraniku meminta untuk mendaftar. 

Maka mendaftarlah aku di pagi hari kurang lebih jam 6 pagi sebelum berangkat bekerja. Proses daftarnya aku menggunakan email yang dulu.

Dan kalian tahu, semua prosesnya lancar kayak jalan tol. wuzz... wuzz... 

Terus, aku tanya ke suami,

"Mas, mau daftar prakerja? Ini mumpung jaringannya lancar?" tanyaku pada suami yang masih beberes juga.

"Iya, minta tolong daftarin ya." 

Nah setelah aku selesai mendaftar sendiri, maka aku mendaftarkan suamiku. 

Hari demi hari pun berlalu, belum ada pengumuman resmi di instagram prakerja. Namun aku iseng untuk membuka akun prakerja milikku dan suamiku. 

Ketika aku membuka akun prakerja milikku, ada peringatan warna merah yang menyatakan bahwa aku gagal di gelombang 4 ini karena kuota sudah terpenuhi.

Yah, sudahlah yang penting sudah mencoba.

Terus, aku buka deh akun prakerja suamiku, 

Dan kalian tahu, beda isinya dengan punyaku. Ada ucapan selamat datang dan ada keterangan kartu prakerja dan saldo sedang diproses. 

Wah! jangan-jangan suamiku yang diterima. 

Aku excited banget, meski bukan aku yang dapat.

Trus aku menunggulah beberapa hari sampai kartu prakerja dan saldo sedang diproses dengan upgrade ovo premium. 

Upgrade ovo premium saat itu memakan waktu sampai lebih dari dua hari. Terus ketika aku email ke customer service-nya diminta untuk menunggu karena memang permintaan lagi overload.

Setelah aku email CS dari OVO eh ada pemberitahuan upgrade premium ditolak karena fotonya terpotong. Akhirnya aku coba lagi dan eh kok langsung disetujui untuk upgrade. Wah!

Oh ya, katanya pas tanggal 19 Agustus 2020 yang dapat kartu prakerja akan dapat SMS. Tapi sampai hari-H suamiku nggak dapat SMS dan kartu prakerja serta saldonya masih dalam proses saja.

Aku tunggu sampai malam hari juga belum kelihatan nomor kartu prakerja-nya. Barulah keesokan harinya nomor kartu prakerja suami muncul. Girang banget deh aku. 

Karena aku udah pengen banget suami ikut kelas tentang tulis-menulis. 

Tips dan Trik Daftar Kartu Prakerja

  Dari pengalaman daftar kartu prakerja, aku jadi pengen kasih sekedar tips buat teman-teman yang akan mendaftar di gelombang selanjutnya. 

Tipsnya adalah sebagai berikut :

  • Daftar kartu prakerja disaat pagi hari biar website-nya tidak terlalu overload.
  • Jangan daftar mepet tanggal penutupan gelombang kartu prakerja.
  • Sebelum daftar kartu prakerja jangan lupa untuk upgrade e-wallet yang dimiliki. Karena insentif hanya dikirim ke e-wallet yang sudah premium. E-wallet yang digunakan adalah OVO, Linkaja, dan Gopay. 
  • Pastikan e-wallet atas nama kamu. 
  • Jangan lupa berdoa ya.
Nah, kalau kamu sudah diterima selamat ya!

Oh ya, kalau kamu tidak dapat SMS dari prakerja jangan sedih dulu. Itu bukan artinya kamu tidak dapat kartu prakerja. Asalkan akunmu sudah menunjukkan bahwa kartu prakerja dan saldo pelatihan sedang diproses. 

Nah, itu dia ceritaku mendaftar kartu prakerja namun malah suami yang diterima. Analisisku mengapa suami yang diterima adalah karena ketika ada pertanyaan apakah anda seorang pegawai/karyawan? Suamiku menjawab bukan. Kebalikannya dengan aku.

Kalau analisis dari temanku mengapa aku yang diterima adalah bisa jadi dalam satu KK hanya ada satu penerima saja. Tapi entahlah apakah memang seperti itu. Sekarang aku sedang mendaftar lagi di gelombang 5. Wish me luck!

Selamat mencoba daftar kartu prakerja ya, semoga beruntung!

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. wah kalau kita tahu manfaatnya banyak ya, sedang diluaran begitu banyak yg mengkritisi

    BalasHapus
  2. Hallo kak, salam kenal ya

    Gak salah kalau orang pada bingung dengan kartu prakerja, dari namanya juga sudah pra-kerja, sebelum bekerja.
    Untuk pelatihannya sendiri di platform mitra kartu prakerja itu siapa yang menyelenggarakan?
    Insentifnya itu apakah untuk pengganti ongkos pergi pelatihan kah?

    Anw, semoga lolos di gelombang 5 ya kak :)

    BalasHapus
  3. Sama mbak saya daftar kartu pra kerja tapi NIK dan KK ga terverifikasi. Selanjutnya gimana mba, aoakah lolos di gelombang 5?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba dhani salam kenal, alhamdulillah saya lolos di gelombang berikutnya mbak. Jadi saya dan suami sama-sama lolos prakerja

      Hapus