Berapa Jatah Uangmu Untuk Investasi Leher ke Atas?

By Nabila Ghaida Zia - Desember 07, 2019

Berbicara tentang keuangan maka ada bagian pos keuangan yang dinamakan pos investasi.

Kalau menurutku pos investasi ini tak melulu harus berbentuk saham, emas, properti dan semacamnya. Ada investasi yang nilainya bisa jauh lebih tinggi dibanding beberapa hal yang aku sebutkan tadi.

Apa itu?

Ya, investasi ilmu namanya. Investasi harta memang bisa mendatangkan keuntungan di masa mendatang namun investasi ilmu pun jauh tak kalah pentingnya dengan investasi harta. Harta suatu saat bisa habis namun ilmu yang kita miliki dan terapkan tidak akan habis dan lenyap begitu saja.

Sekarang coba cek deh berapa kira-kira jatah uangmu untuk investasi ilmu atau investasi leher ke atas?

Aku sempat galau dengan kebutuhan persalinan dan perlengkapan bayi yang menanti untuk dibeli dengan keinginanku untuk berinvestasi pada ilmu. Entah mengapa aku tak terlalu suka dengan membeli barang-barang yang bagiku tak memberikan nilai tambah untuk skill dan kecerdasan diriku.

Setiap kali gajian biasanya orang-orang akan membeli sepatu, baju, atau barang-barang yang sudah jadi wishlist-nya. Berbeda denganku, ketika gajian datang maka yang kucari adalah toko buku online atau pelatihan yang menunjang impianku menjadi penulis. Sampai kadang ibuku mengomel,

"Beli buku kok terus menerus." Omel ibuku haha.

Namun entah mengapa itulah yang membuat batinku puas. Selain buku atau pelatihan, untuk me time aku paling suka untuk memanjakan diri di salon.

Nah, keinginan untuk ikut pelatihan muncul ketika aku melihat ada program sertifikasi menjadi content writer dan pelatihan untuk mengoprek blog. Dua pelatihan ini memang sedang aku butuhkan untuk menunjang resolusiku di tahun depan yang ingin fokus jadi penulis konten dan penulis blog profesional.

Namun, ketika melihat kebutuhan yang sedang mendesak, aku jadi galau? Perlukah aku ikut?

Aku pun mempertimbangkan antara prioritasku saat ini dengan pos keuangan yang aku miliki. Ketika aku melihat di ATM yang memang jadi pos investasiku, alhamdulillah masih cukup untuk ikut keduanya.

Alhamdulillah senang rasanya dan ketika sudah dijalani memang benar-benar bermanfaat ilmunya untuk menunjang jalan impianku.

Bagiku investasi leher ke atas itu tidak membuat rugi. Suatu saat akan kembali modal kok. Pernah aku ikut pelatihan online menulis dan bayar Rp 500.000 dan alhamdulillah selang satu bulan aku dapat job nulis yang bisa mengembalikan modalku 2,5 kali lipat. Tuh kan jadi jangan ragu. Ayo semangat upgrade diri.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar