Ikatan Batin Seorang Bayi pada Ibunya

By Nabila Ghaida Zia - Februari 04, 2020


Bunda pernahkah bunda merasakan ketika bunda senang maka si kecil akan mudah diatur dan tidak rewel?

Pernahkah bunda merasakan ketika pikiran bunda galau kemudian tiba-tiba si kecil menjadi rewel dan parahnya kita justru terbawa emosi?

Jadi apa yang terjadi?Ternyata bayi itu sensitif loh perasaanya. Apalagi untuk merasakan perasaan ibunya yang tiap hari si bayi selalu menempel di dadanya.Otomatis si bayi merasakan perubahan denyut jantung ibunya.

Apakah ibunya lagi marah, senang, sedih, si bayi merasakan.

Seperti kemarin saat aku tahu bahwa di sisi lidah bawah sebelah kanan milik Salman agak bengkak maka kalutlah pikiranku. 

Apa itu? Sakit apa itu? Parahkah sakit itu? 

Pokoknya galau segalau-galaunya, ya iyalah seorang ibu akan kepikiran sekali kalau ada sesuatu yang tidak beres ada buah hati kesayangannya. 

Saat pikiranku kalut itu Salman minta nenen dan digendong olehku. Namun ia agak rewel maka aku mencoba untuk menggendong sembari bersholawat. Ketika aku sedang menggendong Salman dan mengayunnya sembari bersholawat tiba-tiba kakiku menginjak paku payung.

Refleks, aku menjerit!

Aku menjerit dan tanganku satu langsung mengambil paku yang menusuk kakiku. Aku lupa kalau Salman sedang kugendong. Beruntung, suamiku ada di belakangku dan langsung mengambil alih Salman.

Salman yang tadinya tenang ikut menangis. Aku juga menangis karena perasaan yang kalut harus ditambah dengan luka paku ini.

Aku terduduk sejenak sembari menangis.Kudengar dari kejauhan Salman juga ikut menangis. 

Aku mencoba menenangkan diriku dan mencoba menahan sakit dan segera membersihkan luka yang tertancap paku.

Dari kejauhan aku dengar si Ayah mencoba menenangkan Salman dengan mengatakan bahwa aku baik-baik saja.

Aku mencoba berhenti menangis dan mendekati Salman dan suami yang berada di tempat jemuran. Ketika aku berhenti menangis, Salman pun ikut berhenti menangis.

"Ibu ndak apa-apa sayang." ucapku.Ia hanya menatapku seperti sedang menatap iba.

Maafkan ibu membuatmu menangis nak :)

Ternyata seperti itulah ikatan seorang bayi pada ibunya.Apalagi ibunya, setiap ia pergi kemana-mana walau hanya ke kamar mandi saja sudah kepikiran si kecil. Apakah si kecil menangis atau tidak.

Masya Allah, Allah Maha Besar memberikan ikatan batin seperti ini. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar