Inilah Tipsku Raih Skor 386 dalam Tes SKD CAT CPNS 2019

By Nabila Ghaida Zia - Februari 14, 2020

Everything shall pass. Finally,  hari yang ditunggu-tunggu telah tiba bahkan kini sudah berganti hari. 
Hari apakah itu? Ya, hari tes SKD CPNS 2019 sekalian hari refreshing bagi mamah muda milennial ini yang tiap hari kerjaannya berurusan dengan dedek bayi. So, sangat butuh refreshing. Kok refreshing sih, bukannya tes? Jawabannya karena tes SKD CPNS-nya bertempat di Jogja, bisa sekalian refreshing jasmani dengan pergi ke tempat wisata yang ada di Jogja dan refreshing otak dengan mengerjakan tes :D. 

Tahun 2019 adalah kali ketiga aku mengikuti CPNS. Tahun pertama daftar di badan kreatif ekonomi (Bekraf) yang kini sudah melebur dengan kementerian pariwisata. Tahun kedua aku mendaftar di Kementerian Pariwisata dan tahun ketiga ini aku mendaftar di dinas informatika dan komunikasi Kabupaten Purbalingga.

Tahun pertama ikut CPNS masih belum niat karena idealisme ingin jadi pengusaha saja alhasil nilai tesnya tidak lulus passing grade. Tahun kedua niat sudah sangat serius bahkan bolak-balik Semarang-Banjarnegara dua kali untuk ikut tes TOEFL namun sayang gagal di tes TKP. Tahun ketiga ini aku mempasrahkan pada Allah sembari ikhtiar. 

Alhamdulillah pada tahun ketiga ini rasa penasaranku untuk memecahkan misteri soal SKD akhirnya terjawab sudah. Tiga kali ikut tes CPNS dan akhirnya di tahun ketiga ini aku bisa lulus passing grade untuk tiap kategori soalnya. Padahal aku merasa kekurangan waktu sekali untuk belajar. Semenjak memiliki bayi yang sekarang berusia dua bulan waktuku untuk belajar harus curi-curi waktu saat dia tidur. Alhamdulillah sekali tahun ketiga ini aku dapat skor tes SKD CPNS 2019 sebesar 389 dan aku memperoleh urutan ke-tujuh dalam sesi 2 yang aku ikuti dari 285 peserta dari berbagai macam formasi. 

Urutan 7 dari 285 peserta
Emak-emak anak satu aja bisa dapat skor tinggi di CPNS apalagi kamu para singlelillah. Semangat ya yang akan tes SKD CPNS.
 Tahun ini aku mendaftar formasi ahli statistisi di Pemerintah Kabupaten Purbalingga dengan kebutuhan formasi hanya satu orang saja. Sebenarnya aku ingin mendaftar di BKN Regional Yogyakarta. Kenapa aku ingin daftar BKN Yogyakarta? Karena ada peluang besar disitu. Syarat yang dimasukkan harus ada TOEFL dengan skor minimal 450. Sesungguhnya aku sudah punya sertifikat TOEFL ITP Resmi dengan skor 490 yang waktu itu batal kugunakan untuk mendaftar beasiswa.

Tipsku untuk kamu yang ingin banget lulus jadi PNS maka pilihlah formasi yang mensyaratkan adanya tes TOEFL. Dengan adanya syarat itu membuat pendaftar di formasi itu tidak terlalu banyak.
Dulu aku mendaftar di Kemenpar dengan syarat TOEFL 500 maka pendaftarnya hanya 24 orang dengan 4 formasi yang dibutuhkan. Sedangkan tahun ini pendaftar ahli pertama statistisi di BKN Regional Yogyakarta hanya 10 orang saja untuk 1 formasi.

Saingan formasi yang aku pilih di Kabupaten Purbalingga ada 42 orang. Untuk lanjut tes SKB maka yang diambil hanya peserta yang masuk peringkat 3 kali jumlah formasi. Jadi karena formasiku yang dibutuhkan hanya satu orang maka yang masuk tes SKB hanya 3 orang saja. Maka usahaku kini tinggal berdoa saja.

Nah, sebagai pengingat untuk diriku sendiri dan ingin sharing pada kawan-kawan semua maka aku akan memberikan tips apa saja yang aku lakukan sehingga bisa meraih skor total tes SKD CPNS sebesar 386. Sebenarnya yang skornya diatasku pasti banyak. Hanya saja aku ingin berbagi tips saja barangkali bermanfaat.

So, simak ya tips dariku.

1. Tentukan Target Skor Tes SKD yang Ingin Kamu Raih.

Menurutku ini penting sih. Target dalam hal apapun penting karena dengan adanya target kita bisa membuat strategi tertentu untuk meraih tujuan kita. Dalam tes SKD tahun ini aku mentargetkan bisa memperoleh skor total diatas 400 namun qodarulloh hasilnya memang belum sampai diatas 400 namun mendekati yakni 386. Kalau skor tahun kemarin yang aku dapat itu hanya 336. Alhamdulillah sekarang naik.

2.  Kuatkan yang Kamu Kuasai.

Eh maksudnya bagaimana? Jadi gini kan tes CPNS ada TWK, TIU, TKP. Nah coba tanya ke diri kamu selama ini kalau mengerjakan latihan soal itu, bagian tes mana yang kamu kuasai. Apakah TWK, TIU atau TKP. Kemarin aku mencoba menguatkan kemampuanku menjawab TIU dan benar saja hasil TIU-ku tinggi yakni 145.

Jadi saran ini bukan bermaksud meremehkan bagian tes yang lain namun biar jadi nilai tambah saja. Tetap target untuk TWK dan TKP juga ditentukan. Karena aku paling lemah hafalan maka aku mencoba menguatkan di kemampuan numerik, verbal yang ada di TIU. Karena sistem perangkingan nanti di rangking berdasarkan total skor terlebih dahulu. Apabila total skor sama maka akan diurutkan sesuai urutan di subkategori tes. Penjelasannya bisa kamu lihat pada infografis dari Instagram BKN  berikut ini:


Perangkingan Bila Skor Total Sama namun Skor Sub Test Berbeda.
Sumber : https://www.instagram.com/p/B8gMSrLA-Jf/

Perangkingan Bila Skor Total Sama dan Skor Sub test sama.
Sumber: https://www.instagram.com/p/B8gMSrLA-Jf/


3. Belajar Sesuai Kisi-Kisi

Biar tidak membuang waktu dan belajarnya efisien maka belajarlah sesuai kisi-kisi. Beruntung banget sekarang zaman kecanggihan teknologi dan kegemaran orang berbagi juga memudahkan kita dalam banyak hal. Pelajarilah kisi-kisi sesuai dengan PermenPANRB biar waktu yang kamu gunakan untuk belajar tidak sia-sia.

Oh ya aku mau kasih tips kamu. Bergabunglah dengan Channel telegram para pejuang tes CPNS. Durasi waktu tes yang lama dan berbeda membuat siapapun bisa berbagi jenis soal apa yang keluar saat tes CPNS tahun ini. Ada beberapa Channel di telegram yang berisikan sharing dari teman-teman pejuang CPNS yang sudah tes. Mereka menceritakan apa saja yang keluar saat tes. Channel itu bernama FR SKD CPNS 2020. Kamu bisa langsung tuliskan FR SKD CPNS 2020 di icon pencarian telegram. Nanti akan ketemu deh.




Karena setiap soal antara satu orang dengan orang lainnya berbeda maka jangan terlalu dijadikan patokan ya. Setidaknya hanya untuk gambaran saja biar apa yang kita pelajari matched dengan soal yang keluar.

4. Belajar dari Berbagai Sumber.

Inti biar dapat skor yang tinggi ya belajar. Nah, buat kamu para singlelillah beruntung sekali waktunya banyak. Sedangkan aku yang sudah bergelar mamah muda milennial harus curi waktu disela dedek bayi tertidur untuk belajar. 

Sekarang banyak banget sumber untuk belajar persiapan tes SKD CPNS. Karena waktuku untuk buka buku terbatas sekali maka aku belajar melalui audio dan video agar bisa disambi dengan momong si dedek bayi. Kebanyakan aku belajar lewat Youtube untuk bagian tes yang tidak aku mengerti. Aku belajar mayoritas lewat dua Channel Youtube dari akun PING LIE dan akun MOHAMMAD ARIF 

Mohammad Arif

Ping Lie

Aku juga belajar dari Buku CPNS yang aku beli tahun lalu. Bukunya tebal dan sepertinya bisa untuk bantalan :D. Ini buku yang aku gunakan. Secara teori sangat membantu. 



Karena buku itu tahun lalu maka aku perlu update tahun ini dengan mengikuti bimbel online salah satunya yakni APTA SCHOOL. Lewat bimbel online ini aku belajar materi terbaru dan bisa ikut try out online dengan sistem seperti CAT untuk mengukur kemampuan diri. Kemarin saat mencoba try outnya aku dapat skor TWK 75, TIU 95 dan TKP 130. Alhamdulillah saat tes aslinya TWK 95, TIU 145 dan TKP nya 146.

5. Jangan Lupa Berdoa dan Minta Restu Orang Tercinta

Setelah maksimal berusaha maka selanjutnya adalah berdoa. Selain doa diri sendiri maka perlu banget berdoa dan minta restu pada orang terdekat kita seperti orang tua atau pasangan halal. Alhamdulillah kemarin aku tes di Yogyakarta diantar rombongan sekeluarga. Maka akupun meminta doa dan restu pada orang tua dan suamiku.

6. Datang Tepat Waktu

Kamu diminta datang dua jam sebelum jadwal tes dimulai. Hal ini digunakan untuk berbaris, menitipkan barang, melakukan screening, registrasi dan penjelasan terkait CAT. Jangan sampai terlambat ya dan siapkan KTP dan Kartu ujiannya agar tidak cemas ketika nanti mengerjakan.

7. Saat Mengerjakan Pilihlah Soal yang Mudah Dahulu

Uniknya tes CPNS ini meski ada tiga sub test, kita bisa mengerjakan darimana saja. Misalnya mau mengerjakan TKP dulu ya silahkan. Nah kamu bisa mengukur kemampuan diri kamu, kalau memang yang mudah adalah TIU maka kerjakan dulu TIU. Itung-itung nabung Skor. Kalau tahun kemarin memang triknya adalah mengerjakan TKP dulu karena soalnya panjang. Namun tahun ini soal TKP tak terlalu panjang.

8. Jangan Habiskan Waktumu di Soal yang Susah

Kadang ada soal yang menurut kita susah. Saranku jangan buang waktumu di soal tersebut. Langsung lewati saja dulu dan bisa dikerjakan agak terakhiran setelah kita yakin dengan soal yang lain. Karena waktu yang diberikan hanya satu setengah jam untuk 100 soal. Waktumu terbatas sob!

9.  Untuk Mengerjakan TKP Perhatikan Kata Kunci

 Soal TKP memang Tricky sekali. Pilihannya hampir banyak yang sama. Saranku perhatikan kata kunci yang muncul setelah angka soal. Misalnya nomor 75 itu terkait profesionalisme maka pilihlah jawaban yang mengarah ke profesionalisme. Misalnya lagi nomor 80 terkait integritas maka pilihlah jawaban yang mengarah ke integritas. Karena pada TKP semua jawaban baik namun pasti ada yang terbaik disesuaikan dengan kata kunci soal.

Nah, aku kira itulah tips yang aku gunakan agar hasil Skor Tes SKD CPNS-ku mendapat hasil 386. Intinya adalah terus ukur diri, cari titik terlemah dan terkuat kita. Gunakan itu untuk meraih hasil maksimal. 

Tentunya masih banyak yang nilai Tes SKD CPNS-nya diatas 386. Kalian bisa minta tips dari mereka. Mohon doanya ya yang terbaik untukku. Karena pendaftar formasiku ada 42 dan hanya diambil satu formasi. 

Good luck yang akan mengerjakan tes SKD CPNS semoga dimudahkan segala urusannya. 


  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Manteep nih nilainya.. Semoga sukses ya mba nabila di babak tes selanjutnya. Untuk mama dengan baby kecil, nilai segitu sudah oke bgt itu. Nice tips!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ibu, mohon doanya semoga dapat hasil yang terbaik

      Hapus
  2. Keren nih sharingnya, semoga bisa diikuti calon peserta test CPNS lainnya. Jangan malah membeli jimat. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ngerti lagi sama orang yang bawa jimat. Padahal pas tes CPNS gak boleh bawa apapun mbak hehe

      Hapus
  3. Wah, kebetulan aku blm pernah ikut tes CPNs, sekarang juga kayaknya sudah nggak mgkn. Ini tips-nya pntg buat temen-temen yg masih punya kesempatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa mba rezeki memang gak selalu dari PNS hehe

      Hapus
  4. karena saya sudah tidak ikut tes cpns, sepertinya artikel ini bisa tuk teman-teman saya yang mau tes cpns

    BalasHapus
  5. Ijin share untuk adik saya mba yang mau ikut tes cpns juga. Hehe. Terima kasih infonya mba..

    BalasHapus